Apa Saja Penyebab Balanitis ?

Balanitis adalah pembengkakan kulup, atau kepala penis. Balanitis mayoritas terjadi pada pria yang tidak disunat. Ini bisa menyakitkan, tetapi biasanya tidak serius. Seringkali dapat dihilangkan dengan menggunakan obat topikal. Jika Anda tidak membersihkan area itu, Anda meningkatkan peluang terkena infeksi. Gunakan sabun lembut, karena bahan kimia yang keras dapat mengiritasi kulit pada penis Anda dan menjadi penyebab balanitis juga.

Kondisi itu juga dapat terjadi jika diabetes Anda tidak terkendali, atau sebagai efek samping dari obat-obatan tertentu yang diresepkan untuk mengobati diabetes tipe 2. Misalnya, jika Anda menggunakan dapagliflozin (Farxiga), Anda lebih mungkin terkena balanitis, karena obat ini bekerja dengan membuang gula keluar dari tubuh Anda dalam urin. Gula menciptakan tempat berkembang biak bagi ragi untuk tumbuh. Bakteri juga dapat menyebabkan infeksi. Pastikan untuk menjaga penis Anda bersih setelah Anda dari kamar mandi.

Penyakit ini juga dapat disebabkan oleh jenis radang sendi yang dikenal sebagai radang sendi reaktif atau sindrom Reiter, yang juga dapat mempengaruhi sendi dan mata. Beberapa obat dapat menyebabkan reaksi alergi yang menjadi penyebab balanitis, juga termasuk obat-obatan jenis tetrasiklin dan aspirin. Anda juga lebih mungkin terkena infeksi jika Anda kelebihan berat badan atau memiliki kondisi yang membuat tubuh Anda menahan air, seperti penyakit jantung, hati, atau ginjal.

Gejala

Tanda dan gejala balanitis meliputi:

– Kulit yang kencang dan mengkilap di kelenjar

– Kemerahan di sekitar kelenjar

– Peradangan, pegal, gatal, atau iritasi pada kelenjar

– Kotoran tebal, kental di bawah kulit khatan

– Bau tidak sedap

– Kulit khatan ketat yang tidak bisa ditarik kembali

– Buang air kecil yang menyakitkan

– Kelenjar bengkak di dekat penis

– Luka pada kelenjar

– Nyeri, iritasi, dan keputihan dapat terjadi di bawah kulit khatan 2 sampai 3 hari setelah hubungan seksual.

Mendiagnosis balanitis

Balanitis biasanya dapat didiagnosis selama pemeriksaan fisik karena sebagian besar gejalanya terlihat. Jika Anda keluar dari rumah sakit, dokter dapat mengambil sampel dengan kapas atau mengambil sampel urin. Mereka akan memeriksanya apakah ada sel bakteri atau jamur. Ini membantu menentukan penyebab balanitis.

Ketika penyebab balanitis adalah kondisi kulit yang kronis, dokter Anda mungkin melakukan biopsi. Untuk biopsi, dokter Anda mengambil sepotong kecil jaringan dari penis untuk memeriksanya apakah ada penyakit. Anda akan diberikan anestesi lokal sebelum dokter mengumpulkan sampel.

Mengobati balanitis

Hentikan penggunaan semua sabun wangi, lotion, atau bubuk, karena sering menyebabkan iritasi kulit khatan. Gunakan hanya air hangat untuk membersihkan.

Obat

Setelah diagnosis, dokter Anda kemungkinan akan meresepkan krim anti-gatal obat. Krim ini membantu menghentikan gatal dan peradangan. Jika Anda memiliki infeksi, dokter Anda mungkin akan meresepkan antibiotik atau obat antijamur untuk membantu menghilangkannya. Mungkin ini yang Anda butuhkan untuk menghentikan peradangan, pembengkakan, gatal, dan keluarnya cairan. Dokter Anda mungkin juga meresepkan krim dengan steroid untuk mengurangi peradangan.

Perawatan tanpa resep

Anda dapat mencoba mengobati balanitis sendiri dengan campuran cuka encer dan larutan Burow yang diaplikasikan pada area tersebut dengan kompres. Campuran ini bertindak sebagai zat. Astringents menyebabkan kulit berkontraksi, yang membantu meringankan iritasi.

Balanitis Anda mungkin disebabkan oleh jamur (sejenis infeksi jamur). Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan krim antijamur yang mengandung nistatin, clotrimazole, atau terbinafine.

Cara Mencegahnya

Buat upaya ekstra untuk menjaga kebersihan bagian pribadi Anda. Tarik perlahan dan bersihkan di bawah kulit khatan Anda dengan air hangat. Gunakan sabun yang ringan. Keringkan area tersebut sepenuhnya. Jadikan ini bagian dari rutinitas harian Anda, seperti menyikat gigi.

Sumber :

www.medicalnewstoday.com

www.healthline.com

www.webmd.com

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *